Selasa, 22 Juli 2008

Kalimangli 17 Mei 07

Kebaktian Kenaikkan Tuhan Yesus
Kalimangli, 17 Mei 2007

Bacaan : Markus 16 : 14 –20.

Bacaan ini seharusnya dikaitkan dengan : 4 ttg Kebangkitan dan penampakkan diri kpd orang2 sebagai bukti bhw Yesus telah bangkit.
Mestinya para murid meyakinkan ttg ucapan Yesus sebelum Ia mati bhw Ia akan hidup lagi. Utk membuktikan bhw Ia hidup, Ia lalu menampakkan diri secara acak tidak saja kepada 1 orang tertentu tetapi kepada orang2 yg bervariasi seperti laporan Paulus dalam Ikor 15 : 5 kepada Kefas, : 6, kepada lebih dari 500 sdr laki2 dan : 7 kepada Yakub kecil. Penampakkan diri secara acak ini utk menunjukkan kebenaran karena jikalau hanya kepada 1 orang saja atau hanya kepada para murid saja, bisa2 ini suatu karang-karang.
Walaupun Ia sdh menampakkan diriNya sedemikian rupa, toh para murid tidak yakin dan dan tidak percaya akan laporan/kesaksian orang2 yg telah melihat Dia, sehingga pembacaan kita dimulai dernagan Yesus mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka.

TugasNya selama di dunia telah berakhir dalam suatu kemenangan krn Ia bangkit. Kebangkitan ini menjadi landasan iman dan pengharapan semua orang percaya Tanpa kebangkitan, sia2lah iman kita dan sia2lah pemberitaan kami (IKor 15 : 14, 17). Hari ini Ia akan naik ke sorga, tempat darimana Ia dating.
Ada tugas kepada semua orang percaya : utk m,emberitakan/menyaksikan kepada dunia ttg perbuatan Allah kpd dunia dan manusia yg tidak lain berisi kasih dan berkat. Ini yg harus kita beritakan. Apa yg sdr alami selama ini buklankah itu karena kasih dan berkat Allah??
Orang yg terpanggil utk memberitakan ada dua jaminan dari yg Punya pekerjaan ini (Allah sendiri) Jaminan Iorang yg mendengar hasil pewmberitaan saehingga percaya dan dibaptis akan selamat (ini bagi mereka yg mendengar) tetapi bagi si pemberita sendiri ialah bhw Allah sendiri akan menyertai mereka sampai selamanya, kemudian oleh ajkaran para pemberita sehingga orang menjadi pewrcaya, maka mereka akan diberi kuasa utk mengusior setan, menyembuhkan orang sakit berbicara dalam bhw yg baru, mereka tidak akan mendapat celaka. Ini jaminan langsung dari Tuhan bagi setiap orang percaya akan kebangkitanNya. Jaminan yg terakhir bhw pekerjaan para hamba ini tidak akan sia-sia2 sebab Tuhan sendiri ikut bekerja dan ameneguhkan Firman itu dengan tanda-tanda yg menyertainya. Jadi tinggal kita bersedia atau tidak.

Bagaimana firmanb ini utk jemaat di sini? Jemaat apercaya kpd Yesus yg bangkit sebagai dasar iman. Karena itu jemaat ini hidup krn Kristus hidup. Gereja ini ada, krn Yesus hidup, kita ini ada krn Yesus hidup. Setelah Ia naik sampai kedatangan Rohkudus pada hari Minggu 27 Mei, maka minggu itu mulai dari besok sampai Pantekosta, disebut “minggu piatu”. Meskipun begitu Ia naik ke sorga, atetapi Allah Bapa selalu amenyertai kita dengan berbagai kuasa.

Amin.

Tidak ada komentar: