Jumat, 08 Agustus 2008

kembangsari

Hotbah Kembangsari

1. Kj. 15 : 1,2 2. Kj. 289 : 1,2,5. 3. Peng.dosa KJ 26 : 1,2.

4.brt peng.dosa KJ 358 : 1,3.

5.Respons Firman. KJ 233 (234) : 1,2,3.

Kolkt. KJ 367 : 1,4/5.

Akhir. KJ 237 : 1,2

Minggu, 11 Mei 2008

Nats Pembimbing Yeheskiel 11 : 19

Amanat Hdp Baru Roma 8 : 14 - 17

Berita Pengampunan dosa : Yeremia 31 : 34b

Bacaan : Kisah 2 : 1 – 13

Janji Rohkudus pemberian Allah

- Saat ini kita semua berada dalam suasana Pentakosta. Kita hanya mengerti bahwa 10 hari setelah kenaikkan Yesus, ada turunnya Rohkudus dan itu yg kita semua kenal sebagai hari Pentakosta (hari keturunan Rohkudus – hari ini)

Tetapi kita mungkin belum mengerti dengan jelas apa artinya Pentakosta itu itu sendiri. Pentakosta dalam kehidupan orang Israil artinya yg ke 50 yg dalam PL lebih dikenal sebagai hariraya Tujuh Minggu ( Ul 16 : 9,10) adalah hariraya panen I khususnya panen gandum. Sesuai dengan namanya hariraya ini dirayakan tujuhminggu sesudah hariraya Paskah: Kamu harus menghitung, mulai dari hari sesudah sabat itu, yaitu hari dimana kamu membawa berkas persembahan unjukan, harus ada genap tujuhminggu, sampai pada hari sesudah sabat yg ketujuh kamu harus hitung limapuluh hari. (Imamat 23 : 15,16). Demikan sdr sedikit penjelasan mengenai Pentakosta hari ke limapuluh. Inilah salahsatu dari beberapa hariraya dalam kehidupan umat Israil. Jadi bagi umat Israil hari ini mereka tidak kenal sebagai hari Pencurahan Rohkudus. Hanya 12 murid saja yg mengerti bahwa akan ada penggenapan janji kepada mereka sesuai dengan kata-kata – Yesus, agar mereka jangan pergi meninggalkan Yerusalem sampai Aku mengirim “Penolong yg lain” supaya Ia menyertai kamu, yaitu Roh Kebenaran (Yoh. 14 : 16,17)i. Karena hari ini adalah hari raya dimana panen I dikumpulkan dan diserahkan ke gereja (Baithallah) maka ada pesta sukacita yg dirayakan selama 7 minggu 7 X 7 ditambah satu hari setelah hari sabat, jadi genap 50 hari. Karena ini hari raya besar, maka banyak orang datang ke ibukota termasuk orang2 dari Partia, Media, Elam. Penduduk Mesopotamia, Yudea, Kapadokia, Pontus, Asia, Frigia Pamfilia, Mesir, Libia, Kirene, orang2 dari Roma, orang dari p. Kreta, orang Arab, orang Yahudi dan pengikut agama Yahudi.(: 9 – 11) Sdr. Bayangkan ibukota penuh dengan manusia, karena disamping datang ikut merayakan hari raya, kesempatan ini juga mereka gunakan membawa dagangan mereka. Mereka berjualan juga membeli, ada tukar-menukar, ada barter-membarter, suasana sibuk sekali, jalan-jalan dan tok-toko –penuh dengan manusia, pendekkata banyak kesempatan dipakai dalam hari raya yg mulia ini.

Sdr.Kita memahami bhw Allah bekerja memakai sikon. Para murid dikatakan jangan pergi jauh2 tunggu sampai Aku memberi seorang Penolong yg lain supaya Ia menyertai kamu, yaitu Rohkebenaran, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu (Yoh. 14 : 16,17) juga kesempatan lain Yesus berkata: Semuanya ini Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama dengan kamu, tetapi Penghibur, yaitu Rohkudus, Dialah yg akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yg telah Kukatakan kepadamu (Yoh. 15 : 25,26). Walaupun Allah telah berjanji untuk memberikan Rohkudus, tetapi sikap hidup para rasulpun harus disesuaikan dengan maksud Allah itu.

Sambil menanti janji Bapa, mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama dengan beberapa perempuan serta Maria ibu Yesus dan saudara-saudara Yesus. Sikap bertekun dalam doa, adalah sikap kita orang percaya dalam menanti setiap janji dan berkat Allah.

Sdr. Rohkudus diberikan kepada mereka yg akan memulai angkat kerja dalam tugas pelayanan. Kita ingat Yesus setelah dibaptis mulai angkat kerja, Ia dipenuhi terlebih dahulu dengan Rohkudus yg dicurahkan dari langit dalam wujud burung merpati (Mat. 3 : 13 – 17). Kni para murid yg akan diutus, perlu dilengkapi dengan perlengkapan rohani: Diperlengkapi dengan kuasa Rohkudus.

Sdr. Tuhan tidak menyatakan kuasaNya di atas sebuah gunung yg jauh dari orang banyak sehingga pernyataan itu tidak dapat disaksikan orang lain, tetapi di sebuah rumah biasa (dalam bacaan kita disebut di suatu tempat . Keadaan ramai saat orang2 percaya berkumpul, Dalam sikon, dimana banyak orang berkumpul itulah Tuhan menyatakan Kuasa kepada murid dan orang banyak dengan tanda2 alam: angin yg dapat dirasakan,, api yg dapat dilihat dan bahasa – bahasa yg dapat didengar. Rohkudus yg dicurahkan dari Atas ini, memang dikususkan utk para murid utk tugas tertentu tetapi bukan hanya untuk mereka saja tetapi juga bagi siapa saja yg berkumpul dekat dengan para rasul, yg menyerahkan diri untuk ikut melayani Tuhan, mereka yg berdoa dengan tekun dalam persekutuan, mereka yg setia mencari Tuhan, kepada mereka itu diberi anugerah menerima Rohkudus. Allah memakai situasi alam untuk mencapai kehendak dan maksudNya, yaitu memberi angin dan api dan bahasa yg dapat dirasakan, dilihat, dan didengar. sehingga para murid dapat berbicara, dan orang2 dari daerah kafir yg disebutkan tadi ( 9 – 12) mengerti tentang perbuatan2 besar yg dilakukan Allah (2 : 12). Jadi sidang jemaat. Para murid supaya dapat menerima RohKudus, haruslah sehati, sepikir bertekun dan berdoa. Karena itu siapa saja yg terpanggil untuk melayani Tuhan, entah itu Majelis, kaum awam atau pelayan Firman, semua haruslah seia sekata, sama-sama bertekun dalam doa memohon pencurahan Rohkudus. Jika Rohkudus bekerja di dalam hidup kita, maka hati kita akan menjadi baru, juga roh kita menjadi baru, sehingga hati yg keras dan sikap hidup yg keras, akan dijauhkan dari kita dan memberikan kepada kita hati yg taat dan lembut. Hati yg sudah dibaharui itu, selalu akan mencari persekutuan dan selalu akan berusaha hidup dalam ketaatan dan ketetapan Tuhan. Sebab dengan begitu Allah berkenan memakai lidah kita, mulut kita dan cara hidup (sikap) sehingga orang lain yg mendengar ucapan kita, sama seperti orang2 lain tadi dapat mengerti dalam bahasa mereka sendiri ttg perbuatan besar dari Allah yg diucapkan para rasul. Pekerjan Rohkudus selalu memberi pengertian bagi orang yg mendengar. Karena itu sebelum berbicara, baiklah kita mempersiapkan hati dan hidup kita supaya kiranya dapat dipakai Allah untuk pekerjaan pelayanan.

Hariniini hari Pencurahan rohkudus. Marilah kita semua membuka hati dan memohon agar kiranya Rohkudus yg dicurahkan kepada orang banyak itu, di Yerusalem waktu itu kiranya dicurahkan juga kepada kita hari ini dan di sini agar berkat itu dapat menjadikan kita, suatu persekutuan yg saling mengasihi, seiasekata dalam ketekunan, berdoa dan memohon bersama-sama, datanglah ya Rohkudus, diami hati, hidup, keluarga, gereja dan persekutan kami, agar kami mengerti pekerjan-pekerjaan besar Allah bagi hidup kami masing-masing.

Amin.

Tidak ada komentar: