Selasa, 02 Februari 2010

Kebondowo 1 Jan 2009

Hotbah Thn Baru 1 – 1 - 2009

Kebondowo pkl. 07.00

Bacaan Kej. 1 : 1 – 5

Sdr. Selamat Tahun Baru 2009 kepada Jemaat Kebondowo

Hari ini adalah hari I dari 365 hari yg akan kita masuki dalam thn 2009 yg sedang menanti kita. Coba sejenak kita merenung kembali jalan hidup panjang yg telah kita lalui bersama sejak 1 Jan. 2008 hingga tadi malam 31 Des. 2008 Tuhan telah menyertai kita dalam Damai SejahteraNya dan dalam kasih sayangNya itu, Ia berkenan memberkati kita, melewatkan kita membawa kita menyeberang meninggalkan thn lama dan mempersilahkan kita masuk menikmati Thn Baru, Thn Anugerah Tuhan thn 2009. Oleh karena itu pada hari I Thn 2009 ini, marilah dengan rendah hati kita semua sebagai jemaat, gereja, persekutuan, keluarga, dan pribadi naikkan syukur dan hormat serta pujian kepada Tuhan atas kasih setiaNya kepada kita sekalian.

Bacaan Firman berkata: bhw pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi, tetapi bumi belum berbentuk dan kosong. Ada gelap gulita dalam ciptaan yg belum berbentuk itu. Nah sdr. Dalam sesuatu yg belum terbentuk, belum terarah belum tertata rapi, pasti suasananya gelap, kekacauan, dan ketidakpastian. Mau jadi apa? Dalam sesuatu yg belum tertata rapi itu, Roh Allah tidak mau turun dan tinggal menetap. Roh Allah mau turun di mana?? Belum ada tempat yg rapi, yang pasti untuk menerima Roh Allah tinggal. Karena itu Roh Allah melayang2.

Sdr. Dalam kehidupan kita juga, baik dalam gereja, jemaat, keluarga dan hidup pribadi Kita ingat akan kebenaran Firman ini jika ada kekacauan jika ada ketidakberesan, ada hal2 yg belum tertata rapi akan menjadi sebab tidak ada Roh Allah yg dating dan tinggal dan kalau tidak ada Roh Allah maka kita akan mengalami kekacauan, kemarahan, tuduh menuduh, lain kasih salah lain sebagai penyebab kekacauan ini. Lalu bagaimana kita harus lakukan agar Roh Allah berkenan dating dan tinggal menetap??

Sebelum ada jawaban, kita harus yakin bahwa Allah adalah sumber Terang. Allah tidak mau kalau gerejaNya, jemaatNya, persekutuanNya, keluarga dan umatNya tinggal dan berjalan dalam gelap. Apalagi akan memasuki jalan panjang yg Tuhan sendiri karuniakan kepada kita semua Thn Baru 2009 yg akan kita masuki ini. Tuhan tidak mau hilang mukaNya kepada kita dengan membiarkan kita berjalan sendiri dalam Than Baru yg masih misterius, yg masih masih penuh dengan rahasia, penuh dengan tanda Tanya. Ia tak mungkin membiarkan kita berjalan sendiri. Ia tidak mau hilang mukaNya untuk membiarkan kita berjalan dalam gelap, padahal Ia sendiri telah memproklamirkan diriNya sebagai Terang Dunia. Karena itu Ia konsekuen bhw gelap dalam bacaan kita itu sudah dikalahkan, sudah dimusnahkan, sudah dipatahkan, bahkan segala sesuatu yg mengandung kegelapan digantikan dengan Terang kemenangan, Terang Kebangkitan oleh Yesus Kristus. Bahwa tak mungkin dunia ditata dalam situasi gelap. Karena itu Allah perlu terlebih dahulu menciptakan Terang, agar dalam Terang itu semua bisa ditata pada tempatnya.

Sdr Terang itu bukan siang, sebab Terang ini ada terlebih dahulu supaya segala sesuatu bisa diatur rapi, termasuk di dalamnya memisahkan siang dari malam. Jadi Terang ini ada sebelum ada siang. Jadi Terang ini dapat kita pahami sebagai Terang yg berasal dari Allah untuk menanta segala sesuatu yg kacau balau yg belum duduk pada tempatnya yg wajar. Dengan demikian kita yakin bhw Terang in adalah milik Allah yg pertama-tama menghalau kegelapan kemudian dalam terang inilah segala sesuatu dapat dikerjakan dan ditempatkan pada tempatnya sesuai kebutuhan. Karena itu kita dapat katakana sebagai orang percaya, bahwa Allah adalah Terang, Allah sumber Terang. Allah adalah Terang dunia, Terang bagi Gereja, jemaat, keluarga, juga Terang untuk diri kita masing-masing, agar kita tidak tinggal dan berjalan, bekerja dalam gelap tetapi dalam Terang.

Memasuki hari I dari tahun yg panjang ini, telah didahului dengan Terang Allah yg berjalan mendahului kita orang percaya agar dalam Terang itu kita dengan sukacita dan tidak takut memasuki thn Baru thn 2009 dengan keyakinan teguh bhw Tuhan lebih dahulu telah membuka jalan bagi kita tinggal kita memasukinya dengan iman dan pengharapan bersama Tuhan. Bagi Jemaat Kebondowo Terang Allah terus bersinar dan bercahaya menenerangi segala kegelapan yg ada dalam jemaat, gereja, persekutuan supaya dengan Terang Allah ini gereja, Jemaat, persekutuan, keluarga Kebondowo dapat melakukan tugas dan tanggungjawabnya diterangi oleh Terang Tuhan. Kiranya Terang itu terus bersinar dalam gereja, jemaat persekutuan dan keluarga supaya kita dapat berjalan dari hari I ini sampai kita mengakhiri thn ini dalam pimpinan dan Terang Tuhan.

Amin.

Tidak ada komentar: