Senin, 16 Mei 2011

Kebaktian Sektor Cungkup

Kebaktian Sektor Cungkup
Kel. Bu Supoyo – oleh : Pelkes (Piet P.)

Kita sebagai warga masyarakat harus patuh kepada aturan dari pemerintahan setempat. Warga Kaumankidul juga harus menuruti aturan yg dikeluarkan oleh RT, RW atrau Ktr Kalurahan. Walapun di dusun seperti ini agak berbeda sedikit aturannya dan apa maunya pemerintah desa dibanding dengan di kota, tetapi satu hal yg pasti bhw aturan yg dimaksudkan baik di kota maupun didesa semuanya bermaksud baik untuk kersejahteraan dan kebaikkan warganya. Dalam aras kampung, ada kepala kampung, aras desa ada Kades, aras kotamadya ada walikota dst.
Pertanyaan lalu bagaimana dengan kita sebagai gereja dan jemaat?. Untuk gereja dan jemaat ada kepala gereja yg kita kenal sebagai Pendeta, dan Majelis gereja yg bertanggungjawab atas pemeliharaaa kehidupan bergereja dan berjemaat, termasuk pemeliharaan iman warganya.
Lalu bagaimana dengan kita keluarga2 dan pribadi2. Aebagfai aorang percaya selalu kita memohon agar supaya Allah tetap senantiasa menjadi Kepala keluarga kita, menjadi kepala dari hidup kita pribadi agar kita senantiasa dipimpin oleh Kerpala dan kita tidak mengikuti kehendak kita sendiri.

Bacaan kita sore ini berbicara ttg Allah sebagai Raja seluruh bumi (:8) dan memerontah sebagai Raja atas bangsa-bangsa. yg mendiami bumi ini Umat Israil mengakui bhw Allah mereka adalah pencipta langit dan bumi beserta segala isinya, termasuk kita, dan sekaligus memelihara segala sesuatu yg telah Ia kerjakan.
Kita mempunyai pimpi8nan kampung, desa dst. Mereka yg disebut pemipim mempunyai wilayah pemerintahan, tetapai hanya itu terbatas saja. Pak Walikota Salatiga, tidak bisa memerintah sampai seluruh Jawa Tengah atau Jawa Timur. Beliau punya kuasa terbatas hanya sampai pada kodya Salatiga. Gubernur Jawa Tengah hanya boleh memerinntah Jawa Tengah saja, sebab kuasanya terbatas. Demikian juga bapak Presiden, hanya punya kuasa atas negara Rep. Indonesia, dan rakyat yg mendiami bumi Indonesia ini. Para pemimpin berdiam dalam istana: baik istnaa Presiden, istana raja, Istana Kepatihan untuk Solo dan Yogya dan hanya terbatas pada wilayah pemerintahan mereka. Tetapi bacaan kita menyebutkan bhw allah amemerintah sebagai Raja atas bangsa-bangsa, Allah bersemayam di atas tahtaNya yg kudus. Allah punya Kuasa tak terbatas dan lestari selama-lamanya. Karena itu para pemuka bangsa-bangsa berkumpul, karena amereka adalah umat pilihan, umat Allah, dan mereka ini akan terlindung di balik perisai-perisai bumi. Karena kekuaasaan dan kepemilikan yg tak terbatas itulah maka semua pemuka bangsa-bangsa di dunia ini memuliakan Allah.
Karena kita adalah milik Allah, dan bumi ini ciptaan Allah, maka Allah tidak mau supaya bumi ini dirusakkan seenaknya oleh manusia. Karena itu Allah memiliki perisai bumi utk melindumngi dari kerusakkan. Kita sebagai orang percaya anak Tuhan, haruslah ikut bekerjasama dengan Allah dalam memelihara dan mengelola bumi ini. Jika kita menyadari akan kekuasaan Tuhan itu maka biarlah kita memuliakan Tuhan. Bagaimana caranya?? Kita mulai dari hati kita. kalau hati kita sudah menyadari akan kebaikan Tuhan maka kita langsung memuji Tuhan. Tetapi satu hal kita harus ingat, bhw orang lain tidak tahu kalau kita sedang memuji dan memuliakan Tuhan. Kita harus wujudkan dalam cara hidup kita, dalam perbuatan, dalam perkataan. Jangan kita berbuat baik dengan mmaksud agar kita dipuji dan dimuliakan. Kita dapat berbuat baik, semata-mata karena Allah berkenan kita melakukan itu sebab ada iman yg berdiam didalam hati kita, dan iman itu yg selalu mendorong tindakan berbuat baik kita itu. Dengan demikian, orang yg melihat kita punya perilaku baik dapat katakan itu lihat dia berbeda dengan orang lain. Orang lain suka berbicara hal2 yg tak perlu, tetapi orang itu jauh berbeda, kelakuannya baik, juga bicaranya. Karena itu kita harus menjaga dan memelihara tubuh kita sebab kita tahu bhw dalam tubuh kita bernaung Rohkudus (Ikor 6 : 19). Tuhan menciptakan tubuh kita sempurna dan Ia juga memelihara menjadfi perisai sebab Ia yg menciptakan kita itu tidak senang kalau hasil pekerjaanNya dirusakkan seenaknya oleh kuasa setan. Karena itu kita harus bekerjasama dengan Tuhan. Caranya?? Kita menghargai Cip[taanNya dengan ikut memeliahara, menjaga dan melestarikan lingkungan di mana kita tinggal dan istimewa kita menjaga tubuh kita agar tetap serhat sebab dengan begitu kita dapat memuji dan memuliakan Tuhan.

Memang suasana hidup masa kini tidak jelas arahannya, sebab banyak dipengaruhi oleh kuasa-kuasa politik. Sebagai warga gereja, kita harus selalu ingat bahwa hidup yg kita nikmati sekarang ini “baik” adanya dan kita harus mengucap syukur atas hidup ini sebagai berkat Tuhan. Marilah kita terus menikmati hidup ini sebab Tuhan ada berdiri selalu menyertai kita dengan perisai yg berfungsi melindungi kita. karena itu baiklah kita selalu harus mengucap syukur dan bermazmur karena Allah itu baik bagi hidup kita mulai dulu, kimni dan pada waktu yang akan dating.

Amin

Tidak ada komentar: