Rabu, 18 Juni 2008

Kembangsari 25 Des '05

Khotbah Kembanhgsari
Natal, Minggu, 25 Des. 2005

Pemb. Yohanes 3 : 31 – 36

Sdr. Selamat hari Natal 25 Des. 2005.

Setiap kali kita merayakan Natal artinya kita merayakan hari kelahiran Allah kita, Allah yg menjadi manusia melalui kelahiran Yesus Kristus, Juruselamat kita. Setiap kali kita merayakan Natal.berarti setiap kali kita akan memiliki berbagai hal yg berbeda suasananya dan berbeda pula keadaannya. Perbedaan inipula akan berpengaruh dalam cara kita menyambut Natal. Artinya : Kelahiran Allah menjadi manusia itu tetap sama tak berubah, sebab itu adalah penetapan dari tempat Tinggi, penetapan dari Atas utk diwujudkan kepada kita yg di bumi ini. Meskipun kelahiran itu tetap sama sepanjang masa, hanya kita manusia sajalah yg menerimanya secara berbeda, artinya : Kelahiran itu sama pada thn lalu dan kita menerima dan merayakannya denngan senang hati dan suasana yg menyenangkan, namun saat ini , KelahiranNya tetap sama tetapi keadaan kita menerimanya agak berbeda, sebab Yesus lahir dalam dunia saat ini dalam dunia kita yg makin susah dan kesusahan ini mempengaruhi cara kita menyambut dan merayakan kelahiran Allah kita. Suatu contoh yg jelas: Mungkin kita tidak segembira thn lalu, sebab anak-anak kita dapat berkumpul semua dan rumah kita menjadi sangat ramai. Tetapi saat ini mungkin agak lain: Anak2 dari jauh tidak bisa datang semuanya karena biaya perjalanan terlalu mahal dan liburannya terlalu pendek. Itu sebabnya kelahiranNya tetap sama tetapi suasana yg kita alami berbeda satu keluarga dengan keluarga yg lain. Kiranya keadaan dunia kita jangan sampai menyusutkan iman dan sukacita kita dalam menyambut kelahiran Allah yg menjadi manusia dalam Yesus Kristus Putra Natal.

Sdr. Bila kita melihat perikop bacaan kita adalah kesaksian Yohanes Pembaptis ttg Yesus. Kita kenal bhw Yohanes Pembaptis adalah suara orang yg berseru dipadang belantara luruskanlah jalan utk Tuhan (Yoh. 1 : 23).
Yohanes memberi kesaksian kepada banyak orang bhw Yesus adalah orang yg datang dari Atas, datang dari Allah membawa banyak kuasa dan berkat bagi siapa saja yg menerima kedatanganNya dan kehadiranNya. Yohanes hanyalah orangh dari bawah dari dunia ini, dia hanyalah suara orang yg berseru-seru di padang belantara: Kalau begitu apa yg ia serukan?? Yohanes berjalan keliling utk berseru kepada orang2 sekitar padang belantara Yudea supaya bertobat dan beri diri dibaptis utk memperoleh keselamatan dari Atas. Yohanes merendahkan diriNya dalam kesaksian kepada orang banyak bhw dia adalah lilin yg akan lenyap, tetapi Yesus adalah cahaya itu, adalah Terang itu. Yohanes bukan Terang itu, Yohanes bukan cahaya itu, tetapi Yesus adalah terang itu yg telah datang ke dalam dunia, supaya mereka yg berjalan dalam kegelapan dapat melihat terang dan mereka yg diam di negeri kekelaman atasnya terang telah bersinar. Teramng yg dari Allah itu telah turun kepada kita sekalian, kepada jemaat kita di Kembangsari ini, sedang berada dalam persekutuan kita, sedang menerangi keluarga2 kita, sedang menyala menjadi suluhg pada kaki kita dan terang pada jalan kita. Oleh karena itu kita harus mengaku seperti Yohanes Pembaptis, bhw kita orang bawah orang di bumi yg berdosa dan kita hanya berserah utk kiranya Allah hadir sebagai Terang bagi hidup kita masing-masing, agar kegelapan dan kekelaman menjadi sirna utk selama-lamanya.

Kita merayakan Natal dalam suana keprihatinan hidup. Jangan keprihatinan iman. Iman kita tidak terganggu, pengharapan kita tidak boleh pudar hanya karena suasana hidup. Tadi malam Yesus telah menguatkan kita semua bhw keatas kita Terang telah bersinar. Terang bukan datrang dari bawah dari dunia ini, sebab terang dari dunia ini akan bisa menjadi padam krn situasi dan kondisi, tetapi Terang yg dari Allah dari Sorga akan memenuhi seluruh relung hati kita supaya. Kita boleh bangkit seperti para gembala org yg dari bawah yg terhina oleh keadaan dan situasi menjadi penuh dengan sukacita dan keberanian krn mendengar suara yg menggelegar dan melihat Terang yg menyilaukan mata dari sorga disertai kata2 para malikat jangan takut sebab aku memberitakan kepadamu, kepada kita sekalian, kpd jemaat ini kepada persekutuan ini sdr dan saya: Kesukaan besar utk seluruh bangsa, sebab hari ini telah lahir bagimu, bagi jemaat ini, bagi persekutuan ini, bagi keluarga2 , bagi setiap pribadi Juruselamat, yaitu Kristus Tuhan di kota Daud.
Sdr. Natal adalah Tanda dari Atas, dari Allah utk kita yg di bawah di bumi, di sini. Kristus itulah tanda yg berisi ttg Kasih Allah. Tinggal bagaimana kita menerima tanda itu. Iman yg dikaruniakan kepada kita oleh kuasa Rohkudus, akan bekerja supaya kita menerima sebab bagaimana kita bisa memahami kasih Allah?? Allah menyatakan kasihNya dengan tanda Allah menjadi manusia dalam kelahiran .Yesus Kristus ini. Jangan kita rayakan tanpa memahami intinya, tetapi biarlah kita merendahkan diri utk bersrru kpd Tuhan, kuatkanlah kami masing2 supaya melalui kelemahan dan kekurangan kita, kita memohon pertolongan Rohkuidus utk menyertai kita memahami lebih dalam Kasih Allah utk kita masing2. yg tak pernah berkesudahan, kita merayakan dan Ia lahir berkali-kali mengingatkan suapaya kita selalu sadar dalam iman dan pengharapan bhw benar2 Allah mengasihi saya, benar2 Allah lahir utk saya melalui Natal.

Amin.

Tidak ada komentar: