Jumat, 20 Juni 2008

Yoniv 31 Okt '07

Kebaktian Yoniv 411
Rabu, 31 Okt. 2007

Bacaan : Galatia 3 : 23 – 27

Tema dari bacaan ini : Janji Allah diberikan oleh karena iman dalam (kepada) Kristus

Galatia : Surat ihi dialamatkankepada orang Kristen di daeraqh Galatia yg pada waktu itu terletak di bagian tengah Asia Kecil sekarang sekitar kota Angkara (Turki). Paulus memberitakan injil ke kota ini dalam perjalanan Paulus yg ke 2 dan ke 3 Misah 18 : 23. Pada kali terakhir Paulus berada di galatia, datanglah beberapa orang penganut agama Yahudi dari Yerusalem yg ingin mengacaukan iman jemaat galatia. Orang2 ini berusaha memperdamaikan pendirian orang Farisi dengan agama Kristen yg mereka anut. Mereka mau membebankan hokum Torata dan sunat kpd orang2 bukan Yahudi yg masuk Kristen seolah2 itu perlu utk dapat diselamatkan.( Kisah 15 : 5, Gal. 2 : 4 . Propagandfa ini sekaligus berusaha utk merongrong kewibawaan Paulus sebagai rasul sejati.
Rupanya bacaan kita sore ini bersangkut paut dengan pikiran ini karena itu Rasul ingin katakana kepada kita sore : Berdasarkan PL Rasul amembuktikan bhw pelaksanaan hukum torat tidak menyelamatkan, tetapi hanya percaya kepada Kristus.
Dalam bacaan kita fungsi hukum torat hanya sebagai “mengarahkan kita kepada pengenalan akan Kristus melalui iman”. Hukum toreat juga dipandang sebagai “penuntun” yg menuntun kita pada jalan untuk mengenal Kristus Yesus sebagai juruselamat. Setelah kita masuk dalam persekutuan dengan Kristus melalu babtisan dan melalui iman maka peranan penuntun tidak ada lagi, diganti dengan Kristus sebagai pemilik kita. Jadi kini kita taat hanya kepada Kristus dan ajaranNya bukan kepada ajaran yg lain. Apa ajaran Kristus yg perlu kita wujudkjan dalam hidup??
Kita temui banyak godaan yg ingin membuat kita mengkianti iman dan ajaran Kristus. Kita yg telah menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, pengakuan itu harus kita pertahankan dan bersedia utk menolak ajaran dan godaan lain. Kita harus meyakinkan bhw kita adalah milik Kristus dan di dalam diri kita berdiam Rohkudus (Ikor. 3 : 16; 6 : 19). Jadi dimanapun kita pergi dan dalam keadaan apapun kita berada, kita harus siaga dan ingat bhw kita ini milik Allah, anak-anak Allah. Kalau kita ini milik Allah, maka kita akan dikawal dan diberi anugerah Rohkudus spy kita mampu utk mengatasi berbagai godaan yg ingin menjauhkan kita dari Allah dan ajaranNya. Kita jangan kalah ttp kalahkanlah godaan yg ingin menjatuhkan kita.

Amin.

Tidak ada komentar: