Rabu, 28 Mei 2008

Allah Tritunggal

Katekisasi GPIB
Sabtu, 2 Juli 2005

Pokok Bahasan : ALLAH TRITUNGGAL

3. YESUS KRISTUS (KRISTOLOGI)

Pengantar : ( - ) Maksud belajar ttg Yesus Kristus agar peserta memahami serta menghayati bhw Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat orang percaya, termasuk kita secara pribadi. ( -- ) bahwa karya Tuhan Yesus di dunia, adalah karya keselamatan sebagai anugerah Allah yg besar dan merupakan bukti akan kasih sayang Allah kepada manusia.yang berdosa. ( --- ) agar kita mengerti dan memahami bhw Tuhan Yesus Kristus adalah jaminan dan kepastian keselamatan yg Cuma-Cuma yg disediakan Allah bagi orang yg mengasihi Dia. Oleh karena itu ( ---- ) Kita harus menghargai dan menghormati anugerah itu dengan cara memberlakukan hidup kita sesuai dengan panggilan dan iman kita.

Siapakah Yesus Kristus itu? Yesus Kristus adalah Allah sejati yang sejak kekal telah ada bersama-sama Allah dan Ia ikut menciptakan dunia ini. (Kej. 1 : 1-3;Yoh. 1 : 1-3, 10 lihat pokok Allah Tritunggal). Dalam pelayanan Yesus di dunia ini, Ia sangat dibenci oleh ahli torat dan orang Parisi sebab Yesus menyamakan diriNya dengan Allah sebab dapat mengampuni dosa orang berdosa (Lukas 5 : 20,21). Selalu dalam pelayananNya Ia katakan bhw apa yg Ia lakukan Ia lakukan pekerjaan yg disuruh Bapa kepadaNya, karena: Aku dan Bapa adalah satu ( Yoh. 10 : 30, 14 : 10, 11 ).
Walaupun Yesus adalah Aallah sejati, Ia juga adalah manusia sejati.

Nama Yesus, adalah nama yg diberitahukan malaekat kepada Yusuf dan Maria (Mat. 1 : 10,21, Lukas 1 : 31) karena Dialah yg akan menyelamatkan umatNya dari dosa mereka. sedangkan Kristus, adalah gelar yang berarti “orang yg diurapi”. Jadi Yesus Kristus = orang yg diurapi itu membawa keselamatan atau Yesus Kristus adalah Penyelamat orang berdosa.
Dalam kalangan Yahudi ada tiga jenis orang yg diurapi: Raja, Nabi, Imam. Mereka ini yg dipilih Allah utk melakukan pekerjaan Allah : pemimpin umat (Raja), pemimpin agama (Imam), hamba Allah (nabi) lihat ISam 9 : 16, 17, 10 : 1.; Yesaya 6 : 7,8, 61 : 1 dyb; Imamat 4 : 3,5, 8 : 12.. Mereka ini tidak menyelamatkan, tetapi hanya melakukan pekerjaan Allah sehingga kalau dituruti dengan sungguh-sungguh akan beroleh selamat.. Jadi Yesus Kristus melakukan pekerjaan sebagai Raja, Nabi, Imam. Sebagai Raja, Ia adalah pemimpin umat yg percaya. Ia Raja sorga dan bumi, Ia menerima dan memiliki kuasa baik di sorga maupun di bumi (Mat 28 : 18). Sebagai Nabi,Ia memenuhi semua yg telah dinubuatkan para nabi. Ia sendiri menubuatkan apa yg akan terjadi (Mrk 13 : 2, Lk. 21 : 22, 24). Nubuat ini cepat terlaksana sebab pada thn 70M Yerusalem dimusnahkan oleh tentara Romawi. Sebagai Imam, Ia menjadi anak domba Allah yg dipersembahkan untuk menghapus dosa dunia. Biasanya para imam mempersembahkan binatang sebagai korban penghapus dosa ( Im. 4 : 13 – 16). Yesus Kristus adalah anak domba itu sendiri sebab tak ada seorang manusiapun yg mengampuni dosa kecuali Yesus Kristus caranya: Allah sendiri yg mengambil peran, turun ke dalam dunia menjadi sama seperti manusia (kecuali dosa) (Pilipi 2 : 5 – 11). Ia bersekutu dengan manusia dan menghayati segala sesuatu yg dialami manusia. KehadiranNya penuh, artinya melalui proses kelahiran sebagai manusia, tidak tiba-tiba datang dan tiba-tiba lenyap. Derita dan maut, Ia terima, sebagai bagian dari hidup manusia dan karna derita dan maut itulah maka Ia datang sebab begitu besar kasih setiaNya kepada manusia, sebab manusia itu adalah gambarNya (Kej. 1 : 26, 27).
Yesus Kristus adalah manusia sejati (kecuali dosa Ibrani 4 : 14-16) . Ia lahir sebagai manusia dari seorang manusia (Maria). (Lk 2 : 6,7, Gal. 4 : 4). Ia memenuhi semua peraturan agama Yahudi sebagai anak Yahudi: Ia disunat pada usia 8 hari (Lk 2 :21,22), Ia dibaptis oleh Yohanes Pembaptis di s. Yordan (Mat.. 3 : 13). Sebagai manusia, Yesus merasa sedih ( Mk 14 : 34,:lapar (Mat. 4 : 2), haus Yoh. 19 :28, Yesus makan, Mat. 9 : 10, Mk. 2 : 16) , Yesus merasa masygul dan terharu (Yoh. 11 : 33) Ia berdukacita dan marah Mrk 3 : 5, 10 : 14).

Kesimpulan. Sejak kekal Yesus adalah Allah. Ia disebut Anak Allah dan juga Allah Anak. Istilah ini menunjukkan bhw ke Allah-an Yesus sama dengan ke- Allahan Bapa.. Lagipula hubungan Bapa dan Anak begitu erat sehingga keberadaan, kehendak dan pekerjaan mereka merupakan satu kesatuan (lihat pokok Allah Tritunggal)
Yesus disebut Anak karena
( a). Dalam pelaksanaan keselamatan, Allah Bapa yg mengutus, Allah Anak yg melaksanakan (Yoh. 3 : 16).
(b) Yesus selalu melakukan apa yg diperintahkan Bapa kepadaNya (Yoh. 12 : 49,50, 14 : 10, 17 : 4)
© Kerendahan Yesus sebagai manusia mencerminkan hubungan kekal antara Allah
Anak dan Allah Bapa ( Ikor 15 : 24 – 28).
Yesus Kristus yang adalah Allah sendiri memberi jaminan hidup dan masa depan, karena itu orang prcaya tak perlu terlalu kuatir dan bimbang menghadapi tantangan dan prgumulan hidup, karena kselamatan dan hidup kekal dikaruniakan Allah melalui Yesus Kristus kepada kita. Pe,mahaman ini hendaknya mendorong kita selalu dalam hidup utk bersyukur yg kita wujudkan dalam hidup mengasihi Allah dan mngasihi sesama.

Tidak ada komentar: