Rabu, 02 April 2008

Kauman Kidul 18 Nov.2007

Hotbah kauman Kidul
Minggu, 18 Nov. 2007

Nats Pemb. Yeremia 29 : 11
AHB Amsal 16 : 2,3

Pemb. Yeremia 33 : 1 - 9

Tema kita minggu ini : “Tuhan memulihkan Keadaan umatNya.”

Jemaat kaumankidul yg dikasihi Tuhan,
Jika kita membaca tema kita ini Tuhan memulihkan keadaan umatNya, itu berarti bhw pernah umat ini (Israil) sakit sehingga kini Tuhan memulihkan mereka dari kesakitan dan memberi mereka kesembuhan. Jika umat ini sakit, kita harus mencaritau kenapa mereka sakit. Israel sakit bukan sakit flu atau demam berdarah, bukan sakit fisik atau badan, tetapi sakit rohani, sakit iman, karena jauh dari Tuhan. Orang yg jauh dari Tuhan akan banyak mendapat godaan sehingga gampang sekali berbuat dosa dan karena itu mereka disebut “sakit”.

Sdr. Kita punya Tuhan yg bukan main sayang kita. Tuhan tidak pernah membiarkan kita sakit berlama-lama. Tuhan sangat sayang kita. Ia telah mempunyai banyak rancangan untuk hidup kita. Dan rancangan2 Tuhan itu bukan rancangan untuk menyusahkan kita atau membawa kita ke dalam penderitaan, tetapi rancangan Tuhan itu adalah rancangan damai sejahtera yg memberi kepada kita hari depan yg penuh harapan dan bahagia. Karena itu dalam ayat 6 bacaan kita: Firman Tuhan : Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan dan Aku akan menyembuhkan mereka dan menyingkapkan kpd mereka kesejahateraan dan keamanan yg berlimpah-limpah. Ini tanda dari kasih sayang Tuhan kepada umatNya yg walaupun berdosa tetapi Tuhan tetap menyayangi.

Lalu bagaimana dengan kita, jemaat Kaumankidul?? Kita tidak pernah berbuat dosa seperti Israil. Dosa Israil adalah menyembah berhala dan pergi kepada peramal utk minta diramal hidupnya dan masa depannya. Kita tidak seperti mereka bukan? Tetapi kadang-kadang kita juga “sakit” artinya. Kelihatan sehat badani tetapi rohani kita, iman kita sakit. Tandanya kita datang ke gereja tetapi hati kita belum ikhlas terhadap sesama. Jika kita masih menyimpan sakit hati merencanakan sesuatu yg akan menyusahkan orang lain, itu artinya kita masih sakit iman, sakit rohani dan secara tidak sadar, kita agak jauh dari jalan Tuhan. Tuhan tidak kehendaki kita berjalan di luar jalanNya, sebab jalan Tuhan adalah jalan damai sejahtera, jalan kasih dan pengampunan, jalan yg membawa kita untuk saling memberi maaf jalan yg dengannya kita hidup rukun sebagai orang bersaudara yg di tengahnya Kristus duduk sebagai teman berbincang kita. Jika kita hidup sebagai saudara dan Kristus ada di tengah2 kita, maka hidup kita di sini di Kaumankidul ini walaupun hanya beberapa kel. saja tetapi kita akan merasakan damai sejahtera dan pengampunan, kesejahteraan dan lebih dari itu, Tuhan berkenan mengampuni segala dosa dan kesalahan kita dan memberikan kita hati yg baru, hati yg penuh mengasihi dan mengampuni. Sehingga dengan demikian kita akan berjalan bersama Tuhan menuju masa depan yg penuh dengan harapan dan bahagia. Berjalan bersama Tuhan itu berarti bhw segala tanggungjawab dan usaha kita harus kerjakan sendiri sebab itu bagian dari panggilan kita. Kita bekerja dan berusaha dalam bidang yg berbeda dan kita serahkan semuanya kepada Tuhan, mohon kekuatan dan kesehatan, mohon berkat dan pengampunan. Segala jalan hidup kita kita harus serahkan kepada Tuhan dan memohon kiranya Rohkudus memberi kepada kita kemampuan untuk dapat tetap berjalan dalam jalan Tuhan. Dengan begitu, kita akan merasakan damai sejahatera yg artinya bhw hubungan kita dengan Tuhan harus tetap kita pertahankan sekaligus hubungan kita dengan sesama harus kita jaga supaya didalamnya kita menikmati sukacita dan hati yg penuh pengucapan syukur sebab Tuhan ada selalu bersama kita.

Amin.

Tidak ada komentar: