Selasa, 01 April 2008

Kembangsari 29 Jan 2006

Hotbah Kembangsari
Minggu, 29 Jan. 2006
Pemb. : Markus 3 : 13 - 19
Nats Pemb. Yesaya 6 : 8
Am. H.B Yohan. 15: 12 – 17

KJ. 63 : 1,2
KJ 248a : 1,2
Ny. Pengakuan Dosq KJ354 : 1,2
NY. Berita Pengampuinan Dosa KJ 40 : 1,2
NY. Respons Firman : KJ363 ; 1,2
Kolekte KJ439 : 1,3
Penutup : KJ 380

Sdr yg kekasih dalam Tuhan Yesus,
Sdr. Yesus memulai pekerjaanNya yaitu setelah Ia dibaptis oleh Yohanes. Mrk 1 : 9 dan setelah itu Ia mulai melakukan pekerjaan kemanusiaan dengan mencari orag yg sakit dan mereka yg membutuhkan pertolongan. Itulah maksud kedatanganNya ke dunia bhw Ia datang utk menyelesaikan beban penderitaan manusia yg selalu menghantui kehid upan kita. Penyelesaian persoalan terakhir yg tidak bisa diselesaikan oleh kita adalah mati ganti kita supaya melalui kematian itu kita diselamatkan dan memperoleh hidup yg kekal.

Sdr. Bacaan kita pagi ini adalah ttg pemanggilan 12 Rasul. Ia memanggil orang2 yg dikehendakiNya. Inilah kunci dan dasar pemanggilan. Bukan kita yg mengusulkan diri spy dipanggil, tetapi inisiatip prakarsa datang dari Allah sendiri. Ayat2 sebelumnyamenyebutkan bhw banyakorang mengikuti Dia sebab mrk telah memperoleh berkat dari Tuhan. Banyak sekali orang yg megikuti Yesus ke mana saja Ia pergi. Yesus memerlukan bantuan, memerlukan teman sekerja utk menemani dan membantu pekerjaanNya. Allah tidak pernah bekerja sendiri meskipun Ia bias, Yesuspun tidak bias bekerja sendiri walaupun Ia sangguip melaukan hal itu tetapi dalam bacaan kita, Ia memerlukan teman, Ia memerlukan kita utk membantu Dia dalam tugas pelayananNya. Ia tahu bhw banyak orang sedang mengikuti Dia. Ia mengerti siapa2 dari antara banyak orang itu yg bersedia menerima panggilanNya. Karena itu Ia memanggil orang2 yg Ia kehendakiNya dan mrk yg menerima panggilanNya itu datang kepadaNya. Ada 3 hal dalam masalah ini :

Ia memanggil
Datang kepadaNya
Diberi kuasa

Allah memanggil sebab Allah membutuhkan teman. Allah mempunyai cara seniri utk memanggil dari antara banyak orang siapa yg dikehendakiNya dan yg Allah berkenan
Pemanggilan berdasarkan penilaian Allah sendiri. Kita tidak bisa membantu Allah utk mengusulkan orang ini atau orang itu. Ia memanggil sebab Ia telah memilah berdasarkan criteria Allah, berdasarkan pandangan Allah atas kehendak bebas dari Allah saja. Inisiatip datang dari Allah mk kita tidak bisa mendeteksi sebelumnya ttg rencana Allah dalam hal memilih utk membantu pekerjaanNya Kita tidak bias menjadi jurubicara Allah utk mengusulkan si A atau si B, Apakah Aku atau bukan, itu atas kehendak Allah saja. Yg menjadi kunci di sini yaitu bhw banyak orang sdh terlebih dahulu mengikuti dan banyak orang sdh menikmati berkat2 dari Yesus, tetapi mereka sendiri tidak mengerti dari sekian banyak orang itu siapa yg akan dipilih.

Sdr. Kita adalah murid2 Yesus Kita sdh mengikuti Yesus sejak lama kita juga telah sering menerima berbagai berkat dari Yesus. Dari cara kita mengikuti Yesus, maka ada penilaian dari Allah dari antara banyak yg mengikuti ada orang2 yg Ia kehendaki utk dipilih.

Pemanggilan yg demikian adalah lebih khusus, yaitu yg Ia kehendaki. Orang yg Ia kehendaki itu datang untuk mendengar apa tugas yg akan dikerjakan. Datang kepadaNya artinya menyerahkan seluruh keberadaan mrk utk dipergunakan sebagai alat dalam tanganTuhan. Penyerahan diri inilah menjadi kunci utk tugas selanjutnya. Mrk yg datang artinya mrk menghargai suara Allah, menghargai panggilan Allah. Tentu orang yg datang kepadaNya itu datang dengan keberadaan apa adanya ketidak mampuan, kelemahan dan banyak kekurangannya. Rupanya Allah mengerti ttg kesediaan dan ketulusan hati dan kerelaan tanpa ada motif apapun.
Mrk tidak perlu takut akan kelemahan dan kekurangan sebab:

Ia akan memberi perlengkapan utk maksud pelayanan. Bacaan kita menyebutkan Ia memberi kuasa kepada mrk. Kata kunci Ia memberi kuasa. Ia akan melengkapi dengan kuasa yg dalam pembacaan ini sepertinya hamya 1 saja kuasa yaitu kuasa utk mengusir setan. Bukan itu saja, sebab kelengkapan pelayanan tidak saja utk mengusir setan, tetapi kuasa dari Allah akan melengkapi utk tugas2 pelayanan sesuai dengan situasi dan kondisi.. Bukan saja kuasa utk mengusir setan, tetapi juga kuasa utk mendamaikan orang yg bermusuhan, kuasa untuk orang saling memaafkan, kuasa agar orang dapat mengampuni seorang akan yg lain, kuasa agar orang bekerja jujur dan tulus. Kuasa untuk orang jangan menyimpan kesalahan oranglain, kuasa agar orang dapat menjadi berkat bagi sesamanya. Pendek kata siapa saja yg telah mengikut Yesus, yg mendengar panggilannya dan dating menyerahkan diri kepadaNya, kepada mereka itu akan diberi kuasa dan dilengkapi dengan berbagai kuasa dan kuasa2 itu datangnya dari Allah dengan perantaraan Rohkudus. sesuai keperluan pelayanan. Allah tidak pernah mengobral kuasa bagi mrk yg dipilih, tetapi Allah akan memberi kuasa supaya pekerjaan Allah dapat berjalan dengan baik dan pelayanan dapat dirasakan menjadi berkat.

Kadang2 kita merasa kecil dalam menerima panggilanNya. Sebenarnya tidak harus begitu. Kita kurang menggumulinya dengan melihat kepada janji2 Allah bagi pekerjaan pengutusan, bhw Ia akan memberi kuasa dan Ia akan menyertai sampai kepada akhir jaman. (Mat. 28 : 18 – 20) Ini jaminan bagi mereka yg menerima pamggilan dan yg datang kepadaNya. Panggilan telah diberikan kepada kita sebagai orang percaya sebagai murid Tuhan. Karena menjadi saksi Tuhan tidak saja harus keluar membritakan Injil sebagai 12 Rasul yg terpilih tadi, tetapi juga. Cara hidup kita, perkataan kita, sapaan kita, tindakan kita perbuatan dan melalui cara hidup dan bakti kita ditempat di mana kita berada. Cara hidup yg baik yg kita tunjukkan kiranya diberkati Tuhan utk menjadi berkat bagi orang lain dan dengan cara itu Kiranya Tuhan berkenan menyertai kita suapaya melalui cara hidup kita, Tuhan dipermuliakan..

Amin.

Tidak ada komentar: